Model Perilaku Konsumen
Studi
mengenai perilaku konsumen adalah sangat penting dalam menjalankan konsep
pemasaran suatu perusahaan. Tanpa adanya suatu pemahaman dan pengertian tentang
konsumen sasaran, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan
konsep pemasaran sebagai pedoman walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan
fungsi pemasarannya dengan baik.
Untuk
mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorang pemasar harus melakukan
penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian.
Menurut Ujang Sumarwan
(2003:26) mengatakan bahwa “Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan,
serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum
membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah
melakukan kegiatan mengevaluasi”.
Sedangkan John C Mowen (2002: 6)
mendefinisikan bahwa ”Perilaku konsumen adalah studi tentang unit pembelian
(buying units) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi
dan pengembangan barang, jasa, pengalaman, serta ide-ide”.
Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa perilaku konsumen
merupakan semua tindakan dari konsumen dalam mendapatkan produk yang
diinginkannya, diawali dari sebelum membeli sampai dengan evaluasi produk yang
digunakan.
Alasan mengapa
seseorang membeli jasa tertentu atau
membeli pada perusahaan
jasa tertentu merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan atau organisasi jasa dalam menentukan desain
produk jasa, saluran distribusi, harga, dan program promosi yang efektif dan beberapa aspek lain dari program
pemasaran perusahaan atau organisasi jasa
tersebut.
Perilaku konsumen jasa tidak berbeda dengan perilaku konsumen barang karena pembeli atau
pengguna barang dan jasa hanya merupakan suatu sasaran untuk memenuhi
kebutuhan. Teori yang mempelajari tentang
berbagai faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli barang atau jasa
inilah yang disebut sebagai model perilaku konsumen.
Assael dalam Sudarmiatin (2009) berpendapat bahwa ada tiga
faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian yaitu
konsumen individu, lingkungan dan penerapan strategi pemasaran.
0 komentar:
Posting Komentar