KONSEP PEMASARAN USAHA KECIL
Konsep marketing merupakan salah satu hal yang sangat
penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis,
baik usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun.
Semuanya membutuhkan konsep marketing untuk mengembangkan usaha yang
dijalankan.
Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha kecil yang saat
ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk
menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Salah satu cara
yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kecil tentunya dengan fokus pada
strategi pemasaran.
Dengan terbatasnya anggaran marketing yang dimiliki
usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah dengan usaha skala
besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim
untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk
mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
- Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
- Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
- Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja publikasi melalui internet.
- Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis kepada masyarakat sekitar.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut :
1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area
marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan
efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi
banyaknya pelanggan yang diperoleh.
3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan
marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha
kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai
pelanggan tetap.
4. Target
Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju,
dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki.
5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang
berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat,
dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha
kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi
pemborosan.
6. Marketing
Mix
Marketing mix biasanya
dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil,
perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana
dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain
dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.
7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan
memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari
internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung
peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.
8. Promosi dan
iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang
harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha
kecil. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang
efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.
9. Customer
Relationship Management
Pengelolaan
hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk
menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.
0 komentar:
Posting Komentar